Glitter Words


Rabu, 25 Oktober 2023

Perjalanan PembaTIK Level 4 | Outdoor Learning Berbasis TIK Menggunakan TrPana MCM

 Halo Sobat Guru...

Perkenalkan, Saya Rahayu Fahmi, Sahabat Teknologi Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2023. Melalui tulisan ini, saya akan berbagi cerita tentang perjalanan dalam kegiatan PembaTIK Level 4. Pada Level 4, para Sahabat Teknologi harus melaksanakan suatu inovasi Pembelajaran Berbasis TIK menggunakan Platform Teknologi. Inovasi yang telah dilaksanakan kemudian dibagikan melalui kegiatan diseminasi secara luring maupun daring. Seluruh kegiatan Inovasi, berkolaborasi dan diseminasi disampaikan dalam sebuah Vlog dan dinarasikan dalam Blog.

1. Perencanaan

Kegiatan PembaTIK Level 4 dilaksanakan pada tanggal 3-25 Oktober 2023. Dalam durasi waktu kurang dari 3 minggu, Para Sahabat Teknologi harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan tugas PembaTIK. Agar seluruh kegiatan dapat dilaksanakan secara optimal dan untuk memastikan semua kegiatan terselesaikan, maka saya membuat Action Plan.

Sebelum memulai semua kegiatan, saya berkoordinasi dan izin kepada Kepala SMPN 2 Lambitu untuk melaksanakan Inovasi dan diseminasi terkait dengan tugas PembaTIK Level 4. Alhamdulillah, saya mendapatkan respon positif dan Kepala Sekolah sangat mendukung kegiatan yang akan saya laksanakan.

Kegiatan selanjutnya, saya mencari inspirasi terkait pembelajaran berbasis TIK pada Platform Merdeka Mengajar. Berangkat dari keresahan saya saat melihat Platform Rapor Pendidikan, di mana kompetensi numerasi mengalami penurunan dan dari hasil pelajari akar masalah, terlihat bahwa hasil terendah terdapat pada kemampuan siswa pada kompetensi menerapkan (L2).

Berdasarkan Latar Belakang tersebut maka saya berinisiatif untuk melaksanakan inovasi Outdoor Learning Berbasis TIK Menggunakan trPana MCM. TrPana MCM merupakan akronim dari Trail Pesawat Sederhana Math City Map. Inovasi ini memanfaatkan Platform Teknologi MCM yang dapat diakses melalui website mathcitymap.eu . Untuk siswa, dapat mengunduh aplikasi Math city map melalui playstore. Implementasi inovasi ini memfasilitasi siswa untuk belajar dari dunia nyata. Dimana, siswa dapat melihat rute tugas dalam bentuk peta yang harus diselesaikan melalui smartphone.

Berikut Persiapan yang saya lakukan Sebelum melaksanakan inovasi Outdoor Learning Berbasis TIK Menggunakan trPana MCM:

  • Menyusun Modul Ajar,
  • Membuat Tugas melalui website mathcitymap.eu,
  • Membuat Augmented Reality terkait tugas,
  • Membuat Trail Pesawat Sederhana pada website mathcitymap.eu,
  • Mengujicoba Trail yang telah dibuat untuk kemudian direvisi apabila ada yang kurang,
  • Membuat Kelas pada Trail Pesawat Sederhana

2. Pelaksanaan Inovasi Outdoor Learning Berbasis TIK Menggunakan TrPana MCM


Kegiatan Pembelajaran Inovasi Outdoor Learning Berbasis TIK Menggunakan TrPana MCM telah dilaksanakan pada hari senin, 16 Oktober 2023. Kegiatan pembelajaran yang saya rancang menggunakan sintaks model Discovery Learning. Selama kegiatan Pembelajaran, siswa terlihat antusias dalam melaksanakan tantangan dan menyelesaikan soal yang ada pada setiap titik pemberhentian pada map. Selain itu, kegiatan pembelajaran ini juga memberikan pengalaman baru bagi siswa karena dalam aplikasi mereka bisa melihat konsep materi melalui Augmented Reality. Dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan nyata yang terdapat pada peta, saya berharap kemampuan numerasi siswa, khususnya pada kompetensi penerapan (L2) dapat meningkat.

3. Diseminasi Inovasi Outdoor Learning Berbasis TIK Menggunakan TrPana MCM

Inovasi yang telah saya lakukan didiseminasikan secara luring maupun daring sejak tanggal 19-25 Oktober 2023. Berikut kegiatan diseminasi yang saya lakukan.

  • Diseminasi di SMPN 2 Lambitu

Diseminasi saya mulai dari lokasi terdekat, yaitu di tempat saya bertugas SMPN 2 Lambitu. Diseminasi di SMPN 2 Lambitu telah terlaksana pada Hari Rabu, 18 Oktober 2023 yang dihadiri oleh 18 orang PTK. Kegiatan diseminasi berjalan lancar. Melalui diseminasi ini, terjawab pertanyaan para guru terkait bagaimana saya melaksanakan pembelajaran yang mereka lihat hari senin. Kesan yang disampaikan oleh salah seorang guru, Ibu Nurhasina Rahma,S.Pd, bahwa beliau penasaran kenapa Ibu Ayu melaksanakan pembelajaran di liuar kelas, anak-anak jadi ribut, tapi ternyata setelah melihat apa yang saya diseminasikan, beliau menjadi tertarik dan sangat ingin mencobanya, terlebih Ibu Rahma seorang guru Matematika.

  • Diseminasi Daring Bersama Balai Guru Penggerak NusaTenggara Barat (BGP NTB) pada acara "One Week One Webinar (OW OW)

Suatu kehormatan dan pengalaman berharga bagi saya bisa menjadi narasumber pada salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh BGP NTB, yaitu OW OW. Diseminasi daring bersama BGP NTB ini telah terlaksana pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 Pukul 14.00-16.00. Diseminasi ini dapat disaksikan pada kanal Youtube BGP NTB melalui Link Berikut.

  • Webinar PMM "Pembelajaran Inovatif Manfaatkan Teknologi Interaktif"

Webinar ini merupakan Kolaborasi bersama Para Sahabat Teknologi NTB Tahun 2023. Saat pertama melihat hasil pengumuman PembaTIK level 4, terbersit ketakutan dalam diri saya karena saya sendirian yang berasal dari lokasi paling timur NTB, Kabupaten Bima. Saya takut saat webinar tidak ada rekan untuk berkolaborasi karena para sahabat teknologi lainnya mengadakan webinar per Kabupaten/Kota masing-masing. Akhirnya saya berinisiatif menghubungi beberapa rekan sahabat teknologi NTB, hingga akhirnya mendapatkan Tim untuk berkolaborasi. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur telah diberikan rekan-rekan Tim yang baik dan luar biasa.

Webinar dihadiri oleh sekitar 30 orang, namun hanya 23 orang yang mengisi daftar hadir. Meskipun ada beberapa kendala, tapi alhamdulillah webinar telah terlaksana dan mendapatkan respon positif dari peserta webinar. Terutama, terkait MCM ada peserta yang memberikan testimoni bahwa inovasi ini hal yang baru baginya. Link Webinar Pembelajaran Inovatif Manfaatkan Teknologi Interaktif.

  • Berbagi Vlog PembaTIK Level 4

Vlog PembaTIK Level 4 saya unggah melalui kanal youtube pada link berikut



Vlog PembaTIK Level 4 | Outdoor Learning Berbasis TIK Menggunakan TrPana MCM

Selain pada kanal Youtube, vlog PembaTIK juga saya bagikan melalui media sosial instagram dan facebook. Yang terakhir, vlog PembaTIK juga saya bagikan pada bukti karya PMM dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi Bapak/Ibu Guru hebat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan MCM.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih kepada para pengunjung Blog ini, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

3 komentar:

  1. Luar biasa Bu Guru. Bikin AR pakai aplikasi apa, Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bikin melaui website https://my.zap.works/

      Hapus
  2. wah padat ya kegiatannya bu, selamat sudah melaju ke level 4. Saya selalu tertarik dengan AR dan sedang belajar tenang itu. Ini bisa jadi referensi juag untuk pembelajaran :)

    BalasHapus